Kategori
Berita Medan

BKM Al Khairi Gelar Pengajian Ba’da Shubuh

Ahad 26 November 2023 l 7:32 WIB

Adapun sebagai penceramah di pengajian ba’da shubuh tersebut yaitu Ustadz H. Ade Mustahde Ali.

Dalam ceramahnya Ustadz H. Ade Mustahde Ali menyampaikan bahwa kita sebagai manusia makhluk ciptaan Allah SWT janganlah sombong, karena kita ini tempatnya salah dan khilaf.

“Sebagai contoh kita tempatnya salah dan khilaf yaitu imam shalat fardhu ketika salah saat baca surah Al-Qur’an, lantas seketika itu makmun langsung menegur dengan ucapan subhanallah. Imam shalat tersebut tentu mengulangi bacaannya tadi” jelas Ustadz Ade.

Selanjutnya, Ustadz Ade menjelaskan pentingnya kita bersyukur atas nikmat yang sangat banyak diberikan oleh Allah SWT. Salah satunya nikmat melaksanakan shalat subuh berjama’ah di Masjid Al Khairi ini, dilanjutkan dengan mendengarkan pengajian ba’da shubuh. Sebagaimana firman Allah dalam surah Al-Baqarah ayat 152:

فَاذْكُرُوْنِيْٓ اَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْا لِيْ وَلَا تَكْفُرُوْنِ

Artinya, Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku. (QS. Al-Baqarah ayat 152).

“Bersyukurlah kita masih diberikan Allah nikmat kesehatan sehingga dapat melaksanakan shalat shubuh berja’amah di Masjid Al Kahiri. Banyak orang yang diluar sana kepingin, namun apalah daya selangpun sudah masuk kehidung, karena Allah sudah mencabut nikmat kesehatannya sesaat”, papar Ustadz Ade.

Selain itu, harus bersyukur atas musibah yang Allah timpakan kepada kita. Itu bukti Allah cinta dan sayang sama kita. Allah itu senang mendengar rintihan tangisan dalam do’a yang kita panjatkan untuk memohon kesembuhan kepadaNya.

“Musibah yang Allah timpakan kepada kita pada hakekatnya adalah Allah ingin menaikkan derajat kita, yakinlah dibalik setiap musibah yang kita alami pasti ada hikmahnya. Jika ditimpa musibah maka bersabar dan sholatlah sebagai penolong kita, sebagai firman Allah SWT surah Al-Baqarah ayat 45:


وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِين

َArtinya, Jadikan sabar dan shalat sebagai penolong kalian. Sungguh hal itu teramat berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk, (Surat Al-Baqarah ayat 45), pungkas Ustadz Ade Mustahde Ali. (Red).

Pewarta: Ahmad Zaim Syah
Editor: Awaludin

Tinggalkan komentar